spririt

everiting is possible if we believe we can !

Thursday, July 17, 2014

ada apa dengan Kampus kita #3

sahabat saya yang masih berjuang bersama saya didunia kampus, kita harus sadari bahwa kita hidup dilingkungan kampus tapi kita juga perlu sadari kemana kita setelah kampus, jangan terlena dengan kehidupan kampus dan sibuk untuk mengejar wisudawan terbaik, lulus dengan nilai yang sangat memuaskan.

Bapak Ganjar Pranowo ( Gubernur Jawa Tengah ) pernah mengatakan " Bangku kuliah merupakan sebuah keniscayaan untuk menjadi tahu, menjadi cerdas, dan kemudian mampu bersikap. Namun, hal itu tidak akan mungkin cukup ketika dunia sedang melakukan evolusinya: Berubah dengan sangat cepat ! tak ada yang mampu menghentikannya, bahkan kita akan digilas jika menjadi warga dunia yang biasa-biasa saja.

ake sahabat, kita lanjut lagi menelusuri bagaimana sih kampus kita

ada sebuah pernyataan yang menyatakan begini : Sementara masih menjabat sebagai mahasiswa, Anda tidak boleh hanya berfikir sebagai mahasiswa jika Anda berniat segera menjadi manusia yang dewasa.

kok bisa ????

Karena kampus adalah tempat adalah tempat untuk menancapkan ilmu-ilmu kedalam otak, bukan tempat untuk mengembangkan menjadi manusia yang dewasa sepenuhnya. kampus adalah panggung pentas para akademikus. Sehingga benar bahwa didunia akademis, nilai baik dari mata kuliah menjadi target capaian yang mesti dikejar.

tetapi diluar kampus, nilai-nilai itu bukan satu-satunya kunci untuk menuju kesuksesan. Hal ini jarang kita sadari, kebanyakan dari kita baru menyesali akan hal itu setelah mengetahui bahwa apa yang dipelajari dikampus tidak serjajar dengan kesiapan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, dunia profesi atau dunia enterpreneur. kita mesti mulai menjelajahi pembelajaran tanpa kurikulum untuk mendapatkan "pengetahuan tentang bagemana memimpin diri sendiri, bagaimana mengedepankan sikap yang sesuai dengan lingkungan tertentu.

kalau boleh saya menelaah, satu hal yang sangat penting yang tidak ada didalam kurikulum kita dan menjadi sangat penting didunia pascakampus yaitu kecakapan KOMUNIKASI. Rendahnya kecakapan komunikasi menunjukkan fleksibilitas kaku, motivasi dan kreativitasi rendah, sulit menghargai orang lain; hal itu adalah "mental anak kampus", dan itu masih melekat pada diri kita. padahal Anda, saya dan sebagian teman-teman yang lain kita tahu bahwa kualitas komunikasi mencitrakan kedewasaan dan kepercayaan diri tinggi yang mempresentasikan kepercayaan diri kita untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Tetapi, mengapa jarang teman kita yang menyadari akan hal ini ? karena banyak teman kita yang terjebak pada paradigma prestasi "nilai akademik". Jebakan ini membuat mereka terlambat bahwa didunia modern ini nilai-nilai akademik itu hampir tidak berarti apapun jika tidak diimbangi kecakapan lain yang bakal bermanfaat untuk membumikan nilai-nilai akademik itu.

Kebijakan yang lebih menghargai indeks prestasi ( IP ) ketimbang bekal siap kerja yang baik merupakan salah satu pemicu membengkaknya angka pengangguran di tanah air. Kebanyakan lulusan perguruan tinggi memiliki IP yang tinggi namun segi keterampilan nol. Demikian yang diungkapkan direktur HR PT Pluit Propertindo Budi Sulisstyo dalam perbincangan dengan PortalHR.com di Jakarta. Dari pengalaman beliau dibidang properti kebanyakan para arsitek atau insinyur tehnik sipil yang baru terjun kelapangan tidak tahu cara memasang batu bata.

Menurut beliau, IP sama sekali tidak mencerminkan kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu masalah. " itu dua hal yang sangat berbeda, saya lebih percaya skill yang didapat dari latihan ketimbang nilai hasil ujian dari hasil belajar semalam."

so my friend, dengan gambaran yang saya gambarkan diatas semoga dapat membuat teman-teman merenung dan menyadari bahwa dibutuhkan lebih dari hanyan mengandalkan nilai tinggi untuk bisa sukses dimana depan, ada banyak tempat diluar sana yang bisa kita tempati untuk belajar dan mengasah kemampuan berkomunikasi kita, silahkan teman-teman pilih karena dunia kampus tidak berhak atas masa depan teman-teman, sekali lagi kendali ada ditangan teman-teman kemana kendali itu akan Anda arahkan ???

semoga tulisan ini dapat membuka pikiran teman-teman, kita harus menyadariu bahwa dunia terus berjalan dan berkembang tanpa kita sadari, maka dari itu sebelum dunia menyadari kita akan perkembangannya, lebih baik kita menyadari bahwa dunia sedang berkembang, terima kasih :)


0 comments:

Post a Comment

 

pin :

26DE2B95

hp :

082220000622
 
Blogger Templates